UnikJo | Daftar Lima Hewan Asli Indonesia Terancam Punah

Hallo sobat UnikJo, wah baru mau muai blogging nih tapi bingung mau mulai dari mana haha. Oke deh kita bahas aja "Daftar Lima Hewan Asli Indonesia" dulu ya

Badak Sumatra
Badak Sumatra
Indonesia adalah negara yang sangat terkenal akan hewan – hewannya. Mulai dari hewan khas sampai hewan peralihan gabungan antara hewan khas negara- negara sekitarnya. Selain berbagai hewan di Indonesia juga kaya akan floranya. Tapi dibahas entar saja ya floranya hehehe.

Walaupun hewan – hewan ini adalah hewan khas tapi sekarang sudah terancam lho akibat perburuan liar yang terjadi di luar sana. So please lah kawan – kawan jangan membeli hewan – hewan buruan. Wah jadi panjang lebar nih yuk kita mulai dari :

Orang Utan 

Orang Utan
Orang Utan
Nah ini nih binatang yang pernah masuk dalam uang kertas indonesia. Pasti tahu kan uang nominal berapa? Yak benar Rp. 500. Orang hutan ini banyak terdapat di tanah kalimantan walaupun juga ada di daerah sumatra. Hewan ini banyak diperdagangkan karena dagingnya ataupun untuk hiasan.

Orang hutan ini sangat jarang loh turun dari pohon. Kebanyakan hanya bermalas – malasan di atas pohon. Tapi walaupun bermalas-malasan hewan ini sangat dilindungi. Jangan sampai membeli atau memburunya dendanya gede bro. Denger – denger umurnya bisa sampai 30 th.

Badak Jawa

Badak Jawa
Badak Jawa
Ini nih hewan si kulit keras. Walaupun namanya Badak Jawa tapi sekarang kita hanya bisa menemuinya di Suaka Ujung Kulon saja. Yap benar karena badak ini sangat sedikit jumlahnya bahkan hanya bisa dihitung dengan jari. Mari kita ikut melestarikan para badak – badak jawa agar anak – anak kita kelak juga bisa melihatnya. 
Sedikit info aja ya. Badak itu diburu hanya buat diambil culanya. Cula badak sangat berharga mahal kalau dijual ke Tiongkok untuk dibuat obat.

Badak Sumatera 

Badak Sumatra
Badak Sumatra
Nah kawan, pasti pada bingung gimana bedainnya badak jawa sama badak sumatra. Caranya mudah liat aja culanya, kalau 1 brarti badak jawa kalau 2 brarti badak sumatra. Terus apa sih yang membedakan badak Indonesia dengan badak luar negeri. Badak indonesia terkesan kecil dan mudah dijinakkan. Tapi jangan dibuat marah ya daripada goler kena tanduknya haha.

Tarsius Bangka 

Tarsius Bangka
Tarsius Bangka
Hewan Tarsius ini sangat mirip dengan koala. Tapi jangan disamakan yak, hewan ini sangat aggresip. Hewan yang disebut dengan nama mentilin ini hewan khas sumatra dan kalimantan tapi menjadi ciri khas provinsi bangka belitung. 
Hewan ini dapat tumbuh hingga panjang 12 sampai 15 cm, dengan berat 128 gram kelamin jantan dang 117 gram untuk betina

Harimau Sumatera

Harimau Sumatra
Harimau Sumatra
Kalau ini bukan cuma kritis tapi amat sangat kritis keberadaannya. Hewan ini bahkan sudah terbilang punah karena di hutan sumatra sendiri sangat sedikit jumlahnya. Harimau Sumatra diburu untuk diambil bulunya. Kalau pengen melihat harimau sumatra pergi aja ke kebun binatang ya jangan ke hutannya. Ntar malah disantap dengan lahap ma si belang ini hahaha.

0 Response to "UnikJo | Daftar Lima Hewan Asli Indonesia Terancam Punah"

Posting Komentar